Selasa, 29 Maret 2016

makanan khas sumatra

9 Makanan Khas Dari Pulau Sumatera Yang Harus Dicoba

Indonesia merupakan negara yang besar dan kaya. Salah satu kekayaannya adalah beragam jenis makanan yang tersebar di seluruh pelosok. Hampir di semua tempat, Anda dapat menemukan makanan khas dari daerah tersebut. Beragam jenis hasil bumi yang berbeda di tiap tempat menjadikan jenis makanan khas semakin bervariasi. Berikut beragam makanan khas Indonesia yang ada di pulau Sumatera.
mie aceh1.  Mie Aceh
Mie aceh adalah makanan khas Indonesia dari Aceh. Diolah dengan bahan dari mie kuning tebal dan bumbu pedas khas bumbu Aceh, Mie aceh semakin nikmat dengan irisan daging sapi, ayam, atau udang. Biasanya kuliner ini disajikan dalam bentuk mie goreng atau mie berkuah sup kari yang gurih dan kaya akan rempah yang ditambah dengan bawang goreng, emping melinjo, dan irisan mentimun.

2.  Bika Ambon
bika mabonWalau bernama Bika Ambon, panganan ini bukan berasal dari Ambon namun malah merupakan makanan khas Sumatera Utara yang paling dicari oleh para wisatawan. Bika ambon merupakan sejenis kue manis yang berbahan dari bahan-bahan seperti tepung sagu, gula, susu, santan, daun pandan, serai, dan daun jeruk. Rasa bika ambon yang manis dan legit sangat digemari. Kini varian rasa bika ambon beragam seperti rasa durian, keju, cokelat, dan lainnya.

3.  Rendang
rendangRendang adalah salah satu kuliner dari daerah Padang dan masuk dalam daftar masakan paling nikmat di dunia versi CNN. Dengan bahan daging sapi yang diolah dengan bumbu rempah lengkap, rasa rendang dapat menarik penikmat kuliner baik dari tanah air hingga luar negeri.


4.  Gulai Ikan Patin.
gulai ikan patinGulai ikan Patin adalah makanan khas yang berasal dari Jambi. Gulai ikan patin diolah dengan tempoyak atau durian fermentasi atau santan kelapa. Bumbunya yang kuat dan khas menjadikan menu ini patut dicoba.


5.  Pendap
pendapPendap adalah makanan khas Bengkulu yang cara penyajiannya mirip dengan olahan ikan pepes dan dibungkus dengan daun  talas. Makanan ini berbahan dasar dari ikan laut, kelapa parut, kunyit, cabe, dan asam jawa.



6.  Otak-otak
otak-otakOtak-otak adalah panganan dari Kepulauan Riau. Makanan ini berbahan dari ikan tenggiri atau cumi-cumi. Makanan ini dibungkus memakai daun kelapa, lalu dipanggang sebelum siap disantap.



7.  Pempek
empek-empekPempek atau Empek-empek adalah makanan khas dari Sumatera Selatan. Pempek Palembang diolah dari ikan dan tepung sagu dengan rasa gurih dan kuahnya yang pedas, asam, dan manis. Biasanya disajikan dengan saus hitam kecoklat-coklatan yang dinamakan cuka atau cuko. Cuko dibuat dari air panas, ditambah gula merah, udang ebi dan cabe rawit, bawang putih, dan garam.


8.  Mie Bangka
mie bangkaMie Bangka berasal dari pulau Bangka. Mie gurih ini berbahan dari mie dengan campuran ikan, udang, cumi, atau kepiting. Biasanya disajikan dengan sayuran seperti toge atau kecambah, mentimun atau timun, dan kerupuk.


9.  Seruit
seruitSeruit merupakan makanan nikmat dari Lampung yang berbahan dasar dari ikan yang diolah dengan terasi, tempoyak, mangga. Ikan yang digunakan biasanya ikan belide, baung, dan layis. Sajian ini biasanya dihidangkan dengan lalapan dan minuman yang disebut serbat atau jus buah mangga kweni.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar